“Paman APIQ, coba bayangkan sebuah bilangan.”
“Ya. Sudah.” jawab Paman APIQ.
“Genap atau ganjil?” tanya Geo.
“Genap.”
“Kuadratkan.”
“Sudah.”
“Tambahkan 4.”
“Sudah.”
“Bagi 4.”
“Sudah.”
“Berapa hasil akhirnya?” tanya Geo.
“17,” jawab Paman APIQ.
“Paman APIQ pasti membayangkan angka 8 ya…!?”
“Betul! Kamu hebat!” kata Paman APIQ.
“Aku juga mau dong…!” teriak Al dan Meti.
Permainan sulap matematika kali ini istimewa menurut Paman APIQ. Sebelumnya permainan sulap matematika banyak memanfaatkan fungsi invers matematika. Tetapi kali ini Geo memanfaatkan segitiga Pythagoras.
Jadi ketika Paman APIQ menyebut angka 17 maka Geo membayangkan segitiga Pythagoras dengan sisi miring 17.
Geo pasti sudah tahu segitiga tersebut adalah 8, 15, 17. Geo tinggal menebak angka pertama Paman APIQ adalah 8 dan benar.
Misal Paman APIQ memilih angka 10.
Genap.
Kuadratkan = 100.
Tambahkan 4 = 104.
Bagi 4 = 26
Maka Geo akan membayangkan segitiga Pytagoras: 26, 24, dan 10.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar